You are currently viewing Sintaks Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL)
Sintaks Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL)

Tujuan:

  • Meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah, berpikir kritis, kreatif, dan mandiri.
  • Meningkatkan motivasi belajar siswa dan mendorong mereka untuk menjadi pembelajar mandiri.
  • Mengembangkan keterampilan kolaborasi dan komunikasi siswa.
  • Menghasilkan produk atau solusi yang bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, atau masyarakat.

Tahap-tahap:

1. Penentuan Tema dan Perumusan Pertanyaan Pemantik

  • Guru dan siswa berkolaborasi untuk menentukan tema proyek yang menarik dan relevan dengan materi pembelajaran.
  • Guru memfasilitasi siswa untuk merumuskan pertanyaan pemantik yang akan memandu proyek.
  • Pertanyaan pemantik harus bersifat terbuka, menantang, dan mendorong siswa untuk berpikir kritis.

2. Perencanaan Proyek

  • Guru dan siswa berkolaborasi untuk menyusun rencana proyek yang jelas dan terstruktur.
  • Rencana proyek harus memuat tujuan pembelajaran, langkah-langkah kegiatan, timeline, sumber daya yang dibutuhkan, dan kriteria penilaian.
  • Guru membantu siswa untuk membagi tugas dan tanggung jawab dalam proyek.

3. Pelaksanaan Proyek

  • Siswa melaksanakan proyek sesuai dengan rencana yang telah disusun.
  • Guru berperan sebagai fasilitator dan pembimbing, membantu siswa mengatasi kesulitan dan memberikan arahan yang diperlukan.
  • Siswa didorong untuk bekerja sama, berkolaborasi, dan saling membantu dalam menyelesaikan proyek.

4. Pemantauan dan Evaluasi

  • Guru memantau kemajuan proyek secara berkala dan memberikan umpan balik kepada siswa.
  • Guru dan siswa melakukan evaluasi terhadap hasil proyek berdasarkan kriteria penilaian yang telah disepakati.
  • Evaluasi harus fokus pada proses belajar dan pencapaian siswa, bukan hanya pada hasil akhir proyek.

5. Presentasi dan Refleksi

  • Siswa mempresentasikan hasil proyek mereka kepada teman sekelas, guru, atau audiens lainnya.
  • Siswa melakukan refleksi terhadap proses belajar dan pencapaian mereka dalam proyek.
  • Guru memfasilitasi diskusi dan refleksi untuk membantu siswa belajar dari pengalaman mereka.

Catatan:

  • Sintaks PBL dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi siswa.
  • Penting untuk menciptakan suasana belajar yang kolaboratif dan suportif bagi siswa.
  • Guru harus berperan sebagai fasilitator dan pembimbing, bukan sebagai instruktur.
  • Siswa harus didorong untuk aktif, mandiri, dan kreatif dalam belajar.

Sumber:

Tambahan:

Berikut adalah beberapa tips untuk menerapkan PBL secara efektif:

  • Pilihlah tema proyek yang sesuai dengan minat dan kemampuan siswa.
  • Berikan siswa kebebasan untuk memilih cara mereka sendiri dalam menyelesaikan proyek.
  • Dorong siswa untuk menggunakan berbagai sumber belajar dan teknologi.
  • Berikan penghargaan kepada siswa atas usaha dan pencapaian mereka dalam proyek.