https://sdn198mekarjaya.sch.id, Bandung – Perolehan Rapor Mutu Pendidikan SDN 198 Mekarjaya pada Tahun 2024 adalah sebagai berikut :
Berdasarkan hasil Rapor Mutu Pendidikan didapatkan informasi bahwa peserta didik kami menunjukkan kemampuan literasi dengan kategori mahir sebesar 30% mengalami kenaikan sebesar 23,33%, cakap 56,67% terjadi penurunan sebesar 30%, dasar 10% mengalami kenaikan 3,37% dan Perlu intervensi khusus 3,33% terjadi kenaikan sebanyak 3,33%. Dalam kompetensi kemampuan literasi terjadi penurunan disekolah kami, namun masih dalam capaian yang baik, yaitu sebesar 86,67% peserta didik kami sudah mencapai kompetensi minimum.
Untuk kemampuan numerasi kategori mahir tidak terjadi perubahan, masih di angka 3,33%, kategori cakap 73,33% terjadi kenaikan 3,33%, kategori dasar 20% terjadi penurunan 6,67%, kategori perlu intervensi khusus 3,33% terjadi kenaikan sebanyak 3,33%. Dalam hal kompetensi kemampuan numerasi terjadi peningkatan dari tahun sebelumnya, capaian kemampuan numerasi sekolah kami mencapai 76,67% peserta didik sudah mencapai kompetensi minimum. Selain itu, peserta didik di sekolah kami juga sudah terbiasa menerapkan nilai-nilai karakter pelajar pancasila.
Peserta didik kami menunjukan adanya perbaikan karakter terbiasa menerapkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila, kenaikan terlihat dari aspek beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia mengalami peningkatan sebesar 3,94%, aspek nalar kritis meningkat sebesar 1,54%, aspek kebinekaan global naik 2,5%, aspek kemandirian meningkat sebesar 10,55%. Namun terjadi penurunan dalam aspek giting royong sebesar 3,02% dan aspek kreativitas sebesar 2,95%.
Sedangkan untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sekolah Dasar Negeri 198 Mekarjaya menunjukan sudah baik dalam pengalaman pelatihan GTK, refleksi dan perbaikan pembelajaran oleh guru, kepemimpinan instruksional, menjaga iklim keamanan sekolah, iklim kesetaraan gender, iklim Kebinekaan dan Iklim Inklusivitas. Dalam hal kualitas pembelajaran, GTK SD Negeri 198 Mekarjaya dinilai cukup dalam menjaga kualitas pengelolaan kelas dan penyelenggaraan pembelajaran interaktif yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik siswa.
Sekolah Dasar Negeri 198 Mekarjaya dinilai kurang dalam Proporsi GTK penggerak, GTK SD Negeri 198 mekarjaya, baik kepala sekolah maupun guru belum mengikuti atau belum memiliki GTK yang menjadi guru penggerak. Ini menunjukkan masih diperlukannya perbaikan atas capaian ketersediaan, kompetensi, dan kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sekolah Dasar Negeri 198 Mekarjaya.
Dari hasil rapor mutu pendidikan SDN 198 Mekarjaya dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan, pencapaian mutu pendidikan di satuan kami sudah dalam kategori yang baik terjadi peningkatan selama 2 tahun berturut-turut, sedangkan hal-hal yang perlu kami perbaiki akan menjadi rencana strategis untuk segera diperbaiki. Tindak lanjut dari hasil Rapor Mutu Pendidikan tahun 2024 ini akan dijadikan dasar dan rekomendasi dalam menyusun Rencana Kegiatan Sekolah (RKS) untuk tahun anggaran 2025.
Harapan kami dengan adanya Rapor Mutu Pendidikan ini bisa menjadi evaluasi diri sekolah sejauh mana efisiensi perencanaan dan pelaksanaan yang kami lakukan di SDN 198 Mekarjaya bisa sesuai dengan Visi dan Misi. Semoga pencapaian di Tahun 2025 bisa lebih baik lagi.