You are currently viewing Sintaks Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
Sintaks Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)

Tujuan:

  • Meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah, berpikir kritis, dan kreatif.
  • Meningkatkan motivasi belajar siswa dan mendorong mereka untuk menjadi pembelajar mandiri.
  • Mengembangkan keterampilan kolaborasi dan komunikasi siswa.

Tahap-tahap:

1. Orientasi Siswa pada Masalah

  • Guru memperkenalkan masalah yang akan dipelajari siswa.
  • Guru membantu siswa untuk memahami masalah dan mengidentifikasi aspek-aspek pentingnya.
  • Guru memotivasi siswa untuk terlibat dalam pemecahan masalah.

2. Mengorganisasi Siswa untuk Belajar

  • Guru membantu siswa untuk membentuk kelompok belajar.
  • Guru membantu siswa untuk mendefinisikan tujuan belajar dan menyusun rencana belajar.
  • Guru menyediakan sumber belajar yang diperlukan siswa.

3. Membimbing Penyelidikan Individual maupun Kelompok

  • Guru memberikan bimbingan kepada siswa saat mereka melakukan penyelidikan untuk memecahkan masalah.
  • Guru mendorong siswa untuk menggunakan berbagai sumber belajar dan metode penelitian.
  • Guru membantu siswa untuk menganalisis data dan menarik kesimpulan.

4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil

  • Guru membantu siswa untuk mengembangkan produk atau solusi dari masalah yang dipelajari.
  • Guru mendorong siswa untuk menyajikan hasil belajar mereka kepada orang lain dengan cara yang kreatif dan menarik.
  • Guru memberikan umpan balik kepada siswa atas hasil belajar mereka.

5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

  • Guru membantu siswa untuk menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah yang mereka lakukan.
  • Guru mendorong siswa untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan mereka dalam memecahkan masalah.
  • Guru membantu siswa untuk mengembangkan strategi untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam memecahkan masalah.

Catatan:

  • Sintaks PBL dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi siswa.
  • Penting untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif dan kolaboratif bagi siswa.
  • Guru harus berperan sebagai fasilitator dan pembimbing bagi siswa.
  • Siswa harus didorong untuk aktif dan mandiri dalam belajar.

Sumber:

Tambahan:

Berikut adalah beberapa tips untuk menerapkan PBL secara efektif:

  • Pilihlah masalah yang autentik dan relevan dengan kehidupan siswa.
  • Pastikan masalah tersebut cukup kompleks untuk menantang siswa, tetapi tidak terlalu sulit sehingga membuat mereka frustrasi.
  • Berikan siswa kebebasan untuk memilih cara mereka sendiri dalam memecahkan masalah.
  • Dorong siswa untuk bekerja sama dan saling membantu dalam menyelesaikan masalah.
  • Berikan umpan balik yang konstruktif kepada siswa atas usaha dan pencapaian mereka.