Tujuan:
- Meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah, berpikir kritis, dan kreatif.
- Meningkatkan motivasi belajar siswa dan mendorong mereka untuk menjadi pembelajar mandiri.
- Mengembangkan keterampilan kolaborasi dan komunikasi siswa.
Tahap-tahap:
1. Orientasi Siswa pada Masalah
- Guru memperkenalkan masalah yang akan dipelajari siswa.
- Guru membantu siswa untuk memahami masalah dan mengidentifikasi aspek-aspek pentingnya.
- Guru memotivasi siswa untuk terlibat dalam pemecahan masalah.
2. Mengorganisasi Siswa untuk Belajar
- Guru membantu siswa untuk membentuk kelompok belajar.
- Guru membantu siswa untuk mendefinisikan tujuan belajar dan menyusun rencana belajar.
- Guru menyediakan sumber belajar yang diperlukan siswa.
3. Membimbing Penyelidikan Individual maupun Kelompok
- Guru memberikan bimbingan kepada siswa saat mereka melakukan penyelidikan untuk memecahkan masalah.
- Guru mendorong siswa untuk menggunakan berbagai sumber belajar dan metode penelitian.
- Guru membantu siswa untuk menganalisis data dan menarik kesimpulan.
4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil
- Guru membantu siswa untuk mengembangkan produk atau solusi dari masalah yang dipelajari.
- Guru mendorong siswa untuk menyajikan hasil belajar mereka kepada orang lain dengan cara yang kreatif dan menarik.
- Guru memberikan umpan balik kepada siswa atas hasil belajar mereka.
5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
- Guru membantu siswa untuk menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah yang mereka lakukan.
- Guru mendorong siswa untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan mereka dalam memecahkan masalah.
- Guru membantu siswa untuk mengembangkan strategi untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam memecahkan masalah.
Catatan:
- Sintaks PBL dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi siswa.
- Penting untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif dan kolaboratif bagi siswa.
- Guru harus berperan sebagai fasilitator dan pembimbing bagi siswa.
- Siswa harus didorong untuk aktif dan mandiri dalam belajar.
Sumber:
- https://en.wikipedia.org/wiki/Problem-based_learning
- https://bpmpjogja.kemdikbud.go.id/penggunaan-model-pembelajaran-berbasis-masalah-problem-based-learning-pbl-pada-pendidikan-dan-pelatihan/
- https://elearning.mercubuana-yogya.ac.id/
Tambahan:
Berikut adalah beberapa tips untuk menerapkan PBL secara efektif:
- Pilihlah masalah yang autentik dan relevan dengan kehidupan siswa.
- Pastikan masalah tersebut cukup kompleks untuk menantang siswa, tetapi tidak terlalu sulit sehingga membuat mereka frustrasi.
- Berikan siswa kebebasan untuk memilih cara mereka sendiri dalam memecahkan masalah.
- Dorong siswa untuk bekerja sama dan saling membantu dalam menyelesaikan masalah.
- Berikan umpan balik yang konstruktif kepada siswa atas usaha dan pencapaian mereka.