You are currently viewing Sintaks Model Pembelajaran Discovery Learning (DL)
Sintaks Model Pembelajaran Discovery Learning (DL)

Tujuan:

  • Meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah, berpikir kritis, dan kreatif.
  • Meningkatkan motivasi belajar siswa dan mendorong mereka untuk menjadi pembelajar mandiri.
  • Mengembangkan keterampilan kolaborasi dan komunikasi siswa.

Tahap-tahap:

1. Stimulasi

  • Guru memicu rasa ingin tahu dan minat siswa terhadap suatu topik atau konsep melalui pertanyaan, gambar, video, atau demonstrasi.
  • Guru menciptakan suasana belajar yang kondusif dan mendorong siswa untuk bertanya dan bertukar ide.

2. Perumusan Masalah

  • Guru membantu siswa untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah yang ingin dipelajari.
  • Masalah yang dipilih harus relevan dengan minat dan kemampuan siswa.
  • Masalah harus bersifat terbuka dan menantang siswa untuk berpikir kritis.

3. Pengumpulan Data

  • Guru membimbing siswa untuk mengumpulkan data yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah.
  • Data dapat diperoleh dari berbagai sumber, seperti buku, internet, eksperimen, atau observasi.
  • Guru membantu siswa untuk memilih sumber data yang kredibel dan relevan.

4. Pengolahan Data

  • Guru membantu siswa untuk mengolah data yang telah dikumpulkan.
  • Data dapat diolah dengan berbagai cara, seperti mengklasifikasikan, menganalisis, atau menginterpretasikan.
  • Guru mendorong siswa untuk menggunakan berbagai metode pengolahan data yang sesuai dengan jenis data dan masalah yang dihadapi.

5. Verifikasi

  • Guru membantu siswa untuk memverifikasi hasil pengolahan data.
  • Verifikasi dapat dilakukan dengan membandingkan hasil dengan sumber lain, melakukan eksperimen lanjutan, atau berdiskusi dengan orang lain.
  • Guru mendorong siswa untuk bersikap kritis dan terbuka terhadap berbagai perspektif.

6. Generalisasi

  • Guru membantu siswa untuk menarik kesimpulan dan generalisasi dari hasil pembelajaran.
  • Kesimpulan dan generalisasi harus didasarkan pada data dan bukti yang telah diperoleh.
  • Guru mendorong siswa untuk menghubungkan hasil pembelajaran dengan konsep lain dan penerapannya dalam kehidupan nyata.

7. Aplikasi

  • Guru membantu siswa untuk menerapkan hasil pembelajaran dalam situasi nyata.
  • Aplikasi dapat dilakukan dalam bentuk proyek, tugas, atau presentasi.
  • Guru mendorong siswa untuk menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari untuk menyelesaikan masalah dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

Catatan:

  • Sintaks DL dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi siswa.
  • Penting untuk menciptakan suasana belajar yang aktif dan partisipatif bagi siswa.
  • Guru harus berperan sebagai fasilitator dan pembimbing, bukan sebagai instruktur.
  • Siswa harus didorong untuk aktif, mandiri, dan kreatif dalam belajar.

Sumber:

Tambahan:

Berikut adalah beberapa tips untuk menerapkan DL secara efektif:

  • Pilihlah topik atau konsep yang sesuai dengan minat dan kemampuan siswa.
  • Berikan siswa kebebasan untuk memilih cara mereka sendiri dalam belajar.
  • Dorong siswa untuk menggunakan berbagai sumber belajar dan teknologi.
  • Berikan penghargaan kepada siswa atas usaha dan pencapaian mereka dalam belajar.