You are currently viewing Murojaah & Tahfidz SD Negeri 198 Mekarjaya
Murojaah & Tahfidz SD Negeri 198 Mekarjaya

Bandung, sdn198mekarjaya.sch.id – Membangun Kebiasaan Murojaah dan Tahfidz di SDN 198 Mekarjaya dalam rangka Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama.

Pendidikan agama memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan moral peserta didik. Salah satu cara efektif untuk mengintegrasikan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari adalah melalui kegiatan rutin murojaah dan tahfidz. Di SDN 198 Mekarjaya, komitmen untuk membangun kebiasaan murojaah dan tahfidz telah menjadi bagian integral dari pendekatan pendidikan mereka.

Pentingnya Murojaah dan Tahfidz

Murojaah adalah proses mengulang-ulang bacaan Al-Quran untuk mempertahankan dan meningkatkan hafalan serta pemahaman. Tahfidz, di sisi lain, adalah kegiatan menghafal Al-Quran secara keseluruhan atau sebagian. Kedua kegiatan ini memiliki dampak positif yang sangat penting bagi peserta didik:

  1. Menginternalisasi Nilai-Nilai Agama: Melalui murojaah dan tahfidz, siswa diberi kesempatan untuk merenungkan dan menghayati ayat-ayat suci Al-Quran. Hal ini membantu mereka memahami nilai-nilai agama, moralitas, dan etika yang menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Meningkatkan Kemampuan Kognitif: Proses menghafal dan mengulang-ulang bacaan Al-Quran melibatkan memori dan pengulangan yang berulang. Ini dapat merangsang perkembangan otak dan meningkatkan kemampuan kognitif siswa.
  3. Pengembangan Disiplin: Kegiatan murojaah dan tahfidz memerlukan konsistensi dan ketekunan. Peserta didik belajar mengatur waktu, mengikuti jadwal, dan menghormati komitmen terhadap kegiatan agama.
  4. Menguatkan Jiwa dan Mental: Murojaah dan tahfidz membantu siswa mengatasi tantangan dan hambatan. Proses ini dapat membangun rasa percaya diri dan ketahanan mental dalam menghadapi permasalahan.

Pelaksanaan Kegiatan Murojaah dan Tahfidz di SDN 198 Mekarjaya

SDN 198 Mekarjaya telah mengintegrasikan kegiatan murojaah dan tahfidz dalam kurikulum mereka untuk memastikan penerapan yang konsisten dan berkelanjutan. Berikut adalah beberapa langkah yang diambil oleh sekolah dalam melaksanakan kegiatan ini:

  1. Pembentukan Jadwal Rutin: Sekolah telah menyusun jadwal rutin untuk kegiatan murojaah dan tahfidz. Kegiatan ini dilakukan setiap hari sebagai bagian dari jam pelajaran agama.
  2. Pendampingan Khusus: Sekolah menyediakan guru pendamping yang khusus bertanggung jawab untuk membimbing siswa dalam proses murojaah dan tahfidz. Guru ini memberikan arahan, motivasi, dan dukungan kepada siswa dalam mencapai target hafalan.
  3. Monitoring dan Evaluasi: Kemajuan hafalan siswa secara berkala dipantau dan dievaluasi. Ini membantu guru dan orangtua mengetahui perkembangan siswa dalam menghafal Al-Quran.
  4. Penghargaan dan Pengakuan: Sekolah memberikan penghargaan dan pengakuan kepada siswa yang mencapai target hafalan tertentu. Ini mendorong motivasi siswa untuk terus berusaha lebih baik.
  5. Kegiatan Terkait: SDN 198 Mekarjaya juga mengadakan kegiatan-kegiatan terkait, seperti kelas Al Qur’an dan diskusi kelompok, untuk mendukung pemahaman lebih mendalam terhadap ayat-ayat Al-Quran.

Dampak Positif bagi Peserta Didik

Kegiatan murojaah dan tahfidz di SDN 198 Mekarjaya telah memberikan dampak positif yang signifikan bagi peserta didik. Mereka tidak hanya meningkatkan kualitas hafalan Al-Quran, tetapi juga menginternalisasi nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Kedisiplinan, ketekunan, dan pengembangan jiwa yang diperoleh dari kegiatan ini juga membantu siswa menjadi individu yang lebih tangguh dan beretika.

Panduan dan Ruang Lingkup Murojaah dan Tahfidz SD Negeri 198 Mekarjaya

NoKelasSemester 1Semester 2
1Kelas 1An Nas
Al Falaq
Al Ikhlas
Al Lahab
An Nashr
Al Kafirun
Al Kautsar
Al Ma’un
Al Quraisy
Al Fiil
2Kelas 2Al Humazah
Al Asr
At Takasur
Al Qori’ah
Al Adiyat
Al Zalzalah
Al Bayyinah
3Kelas 3Al Qadr
Al Alaq
At Tiin
Al Insyirah
A Dhuha
Al Lail
4Kelas 4As Syams
Al Balad
Al Fajr
Al Ghaasyiyah
Al A’la
At Thaariq
5Kelas 5Al Buruuj
Al Insyiqaaq
Al Muthaffifiin
Al Infithar
6Kelas 6At Takwir
A’basa
An Nazi’aat
An Naba