PROGRAM PEMBIASAAN & KEGIATAN RUTIN

Sebuah Program yang disusun untuk menciptakan aktivitas yang dijalankan secara teratur dan berulang-ulang untuk membentuk perilaku, kebiasaan, dan disiplin pada siswa. Kedua jenis kegiatan ini berperan penting dalam membentuk karakter siswa dan menciptakan lingkungan belajar yang stabil dan terstruktur di sekolah.

Pembiasaan & Kegiatan Rutin

Connecting Knowledge Shaping Tomorrow

HARIAN

Kegiatan atau aktivitas yang dilakukan secara teratur dan berulang setiap hari. Kebiasaan dan rutinitas ini seringkali menjadi bagian penting dalam kehidupan seseorang karena membantu menjaga keteraturan, efisiensi, dan kenyamanan dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

MINGGUAN

Serangkaian aktivitas yang dijadwalkan secara teratur dan berulang setiap minggu untuk menciptakan lingkungan belajar yang teratur dan efisien dan nyaman.

BULANAN

Kegiatan atau aktivitas yang dilakukan secara teratur dan berulang setiap bulan. Kebiasaan dan rutinitas ini seringkali menjadi bagian penting dalam kehidupan seseorang karena membantu menjaga keteraturan, efisiensi, dan kenyamanan dalam menjalani aktivitas.

TAHUNAN

Serangkaian aktivitas yang dijadwalkan secara teratur dan berulang setiap tahun untuk menciptakan lingkungan belajar yang teratur dan efisien dan nyaman.

ASESMEN & SULINGJAR

Asesmen adalah proses pengumpulan, penilaian, dan analisis informasi atau data untuk mengukur, mengevaluasi, atau memahami suatu kondisi belajar siswa.

Survey Lingkungan Belajar merupakan proses pengumpulan data dan informasi mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kondisi belajar di  sekolah. Tujuan dari survey ini adalah untuk memahami bagaimana lingkungan tersebut memengaruhi proses pembelajaran, kenyamanan, motivasi, dan hasil belajar para siswa.

SPONTAN

Kegiatan pembiasaan spontan mengacu pada tindakan atau perilaku yang dilakukan secara alami atau tanpa rencana khusus, namun memiliki efek pembiasaan atau kebiasaan dalam jangka panjang. Ini adalah tindakan yang sering kali terjadi secara tidak sadar atau tanpa disadari, tetapi seiring waktu, tindakan tersebut dapat menjadi bagian dari rutinitas atau perilaku yang berulang.

KETELADANAN

Upaya sadar untuk mengajarkan dan mempraktikkan nilai-nilai, sikap, atau perilaku positif kepada individu atau kelompok melalui contoh dan teladan dari orang-orang yang dianggap sebagai panutan atau teladan yang baik. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membentuk pola pikir dan tindakan yang menginspirasi, memotivasi, dan membimbing individu menuju perilaku yang baik dan produktif.

Pembiasaan & Kegiatan Rutin

Connecting Knowledge Shaping Tomorrow

FAQ

Kegiatan rutin adalah kegiatan yang dijalankan secara teratur dan berulang-ulang, seperti jadwal kegiatan sekolah dan acara rutin lainnya. Sementara itu, kegiatan pembiasaan adalah kegiatan yang bertujuan membentuk kebiasaan baik pada siswa, seperti membiasakan membaca, berolahraga, atau menjaga kebersihan diri dll.

Kegiatan rutin penting karena menciptakan keteraturan dan disiplin di lingkungan sekolah. Dengan jadwal yang terstruktur, siswa tahu apa yang diharapkan dan apa yang akan terjadi, sehingga membantu menciptakan lingkungan belajar yang stabil dan kondusif.

Kegiatan pembiasaan penting karena membantu membentuk kebiasaan baik pada siswa. Dengan mengulang aktivitas tertentu secara teratur, siswa dapat menginternalisasi dan mempraktikkan perilaku yang diinginkan dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat dari kegiatan rutin di sekolah antara lain menciptakan keteraturan dan stabilitas, meningkatkan efisiensi belajar, mengurangi tingkat stres dan kecemasan siswa, serta memfasilitasi proses pembelajaran yang lebih efektif.

Kegiatan pembiasaan membantu dalam pembentukan karakter siswa dengan membentuk kebiasaan baik dan perilaku yang diinginkan. Melalui pembiasaan, siswa belajar untuk menjadi lebih disiplin, mandiri, bertanggung jawab, dan menginternalisasi nilai-nilai positif.

 

Tidak selalu. Meskipun kegiatan rutin di sekolah cenderung mengikuti jadwal dan tata tertib tertentu, tetapi sekolah juga dapat mempertimbangkan fleksibilitas dalam kegiatan pembiasaan dan rutin sesuai dengan kebutuhan dan situasi yang ada.

Guru dan staf sekolah berperan penting dalam menyusun dan menjalankan kegiatan rutin serta kegiatan pembiasaan. Mereka menjadi contoh yang positif bagi siswa, mengajarkan nilai-nilai, dan memberikan dukungan serta arahan yang diperlukan agar kegiatan tersebut berhasil.

Orang tua dapat mendukung kegiatan rutin dan pembiasaan di sekolah dengan mendukung jadwal harian anak, mendorong kebiasaan baik di rumah, berkomunikasi dengan guru tentang perkembangan anak, dan memberikan dorongan positif dalam menjalani kegiatan sekolah.